Negara Harus Hadir Dalam Keluhan Rakyat




Dakwahsumut.com,- Menanggapi kasus yang di alami Syarifah siswi SMP yang dilaporkan ke Polda Jambi karena membela neneknya yang retak akibat aktivitas perusahaan China, Direktur Indonesia Justice Monitor (IJM) Agung Wisnuwardana mengatakan negara harusnya hadir dalam keluhan rakyat.

"Dalam keluhan rakyat negara harus hadir karena tugas negara untuk mengayomi, menyejahterakan, dan melindungi," ujarnya dalam Aspirasi: Syarifah, Siswi SMP Melawan Perusahaan China dan Pemkot Jambi? Di kanal youtube Justice Monitor, Selasa (6/6/23).

Dia mengatakan jangan sampai kehadiran perusahaan berdampak pada kerusakan lingkungan sekitar, sehingga berpotensi hanya menimbulkan kesenjangan dan konflik sosial.

"Jangan sampai masyarakat miskin menjadi korban dari penegak hukum yang tidak adil, perusahaan harus bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan, jangan sampai pemerintah setempat absen," ungkapnya.

Dia  menilai hal itu bisa membuat rasa keadilan untuk rakyat jadi suram akibat kerusakan alam yang lahir dari kebijakan-kebijakan yang mengabaikan terhadap urusan rakyat. "Bukankah negara ini menjunjung tinggi keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia lalu di manakah letak keadilan itu?," tanyanya.

"Apakah pemerintah menunggu kasus ini viral sehingga lebih cepat di lanjuti dibandingkan kasus yang dimulai dengan keluhan biasa," lanjutnya.

Dia berpesan kepada Syarifah untuk terus bersuara kritis dan hal yang sangat penting disadari adalah apabila kesulitan itu dihadapi dengan tekad yang sungguh-sungguh, dan berusaha dengan sekuat tenaga, dan pikiran untuk melepaskan diri darinya tekun, dan sabar serta tidak mengeluh atas kelambatan datangnya kemudahan.

"Pasti kemudahan itu akan tiba kita harus meyakini bahwa setiap permasalahan pasti memiliki solusi dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta'ala," Pungkasnya. [] Setiawan Dwi